Breaking News

Makalah Tentang Zikir Dalam Islam



Dalam kehidupan sehari-hari, berdzikir sangat penting untuk diterapkan khususnya bagi umat Muslim, karena zikir tersebut merupakan hubungan antara seorang hamba dengan Tuhannya, Allah SWT. Namun dalam prakteknya dzikir jarang sekali diamalkan, walau mungkin ada itu pun hanya sebagian manusia yang selalu mengamalkannya. Kebanyakan orang berdzikir pada waktu dan keadaan tertentu. Terkadang manusia berdzikir dan mengingat Allah SWT. hanya saat dalam kesusahan dan tertimpa masalah saja.

Dzikir adalah suatu kegiatan atau cara yang dilakukan oleh seorang hamba dalam mengingat Allah SWT. Dalam dzikir seorang hamba memuji dan mengagungkan kebesaran Allah SWT. dengan merasa bahwa kita hanyalah seorang hamba yang lemah tak berdaya dan hanya Allah SWT. lah yang Maha Kuasa. Maka dari itu, kita seorang hamba-Nya hanyalah bagian kecil dari kekuasaan-Nya.
Maka dari itu penulis akan membahas sedikit tentang pentingnya berdzikir dalam kehidupan sehari-hari. Karena penerapan dzikir sangat berpengaruh pada kehidupan manusia.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Apakah yang dimaksud dengan zikir ?
2. Apa-apa saja faidah dalam berzikir ?
3. Bagaimanakah tata cara berzikir berdasarkan Al Quran dan Hadist ?

Tujuan Penulisan
Adapun yang menjadi tujuan penulisan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui apakah yang dimaksud dengan zikir.
2. Untuk mengetahui apa-apa saja faidah dalam berzikir.
3. Untuk mengetahui bagaimanakah tata cara berzikir berdasarkan Al Quran dan Hadist

ZIKIR DALAM ISLAM

A. Pengertian Dzikir
Dzikir merupakan ibadah yang paling ringan, sekaligus paling besar kedudukannya dan paling utama di sisi-Nya. Hal ini dikarenakan gerak lidah adalah gerakan yang paling ringan dan paling mudah dari segenap anggota badan lainnya.

Adapun pengertian zikir secara bahasa yaitu berasal dari kata ذَكَرَ، يَذْكُرُ، ذِكْرًا artinya mengingat, memperhatikan, mengenang, mengambil pelajaran, mengenal atau mengerti dan ingatan. In’ammuzahiddin di dalam bukunya dijelaskan bahwa istilah dzikir memiliki banyak makna, di antara pengertian-pengertian dzikir adalahmenyebut, menuturkan, mengingat, menjaga, atau mengerti perbuatan baik. [1]

Sedangkan dzikir dalam arti menyebut nama Allah yang diamalkan secara rutin, biasanya disebut wirid atau aurad. Dan amalan ini termasuk ibadah murni (mahdhah), yaitu ibadah yang langsung berhubungan dengan Allah SWT. Sebagai ibadah mahdhah maka dzikir jenis ini terikat dengan norma-norma ibadah langsung kepada Allah, yaitu harus ma’tsur (ada contoh atau perintah dari Rasulullah SAW).

Adapun pengertian dzikir secara istilah yaitu ingat kepada Allah dengan menghayati kehadiran-Nya, ke-Maha Sucian-Nya, ke-Maha ke-Terpujian-Nya dan ke-Maha Besaran-Nya. Dzikir merupakan sikap batin yang bisa diungkapkan melalui ucapan Tahlil (La Ilaha illa Allah, Artinya, Tiada Tuhan Selain Allah), Tasbih (Subhana Allah, Artinya Maha Suci Allah), Tahmid (Alhamdulillah, Artinya Segala Puji Bagi Allah), dan Takbir (Allahu Akbar, Artinya Allah Maha Besar). [2]

Dzikir dalam pengertian mengingat Allah sebaiknya di lakukan setiap saat, baik secara lisan maupun dalam hati. Artinya kegiatan apapun yang dilakukan oleh seorang muslim sebaiknya jangan sampai melupakan Allah SWT. Di manapun seorang muslim berada, sebaiknya selalu ingat kepada Allah SWT sehingga akan menimbulkan cinta beramal saleh kepada Allah SWT, serta malu berbuat dosa dan maksiat kepadanya.

B. Anjuran Berzikir Dalam Al Quran Dan Hadist
Sebagaimana kita ketahui bahwa zikir merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Namun perlu kita ketahui bahwa zikir ini merupakan anjuran Allah SWT dan Rasulullah SAW yang sangat diperintahkan. Adapun dalil-dalil tentang anjuran dalam berzikir ini tersebut di dalam Al Quran dan Hadis Rasulullah, di antaranya sebagai berikut :
1. Dalil berdasarkan Al Quran :
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS : Al Ahzab ayat 41)

Artinya : “Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari". (QS : Ali Imran ayat 41)

Artinya : “ Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS : Al Baqarah ayat 152)

2. Dalil berdasarkan Hadist :
ﻋﻦ ﺟﺎﺑﺮ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺿﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ ﻳﻘﻮﻝ : ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ : ﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ
Artinya : "Dari Jabir bin Abdullah, beliau berkata : Saya dengar rasulullah bersabda : dzikir yang paling baik ialah kalimah La ilaaha illallah”
ﻋﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺑﺴﺮ ﺃﻥ ﺃﻋﺮﺍﺑﻴﺎ ﻗﺎﻝ ﻟﺮﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : ﺇﻥﺷﺮﺍﺋﻊ ﺍﻻﺳﻼﻡ ﻗﺪ ﻛﺜﺮﺕ ﻋﻠﻲ ﻓﺄﻧﺒﺌﻨﻰ ﻣﻨﻬﺎ ﺑﺸﺊ ﺃﺗﺸﺒﺖ ﺑﻪ , ﻗﺎﻝ : ﻻ ﻳﺰﺍﻝﻟﺴﺎﻧﻚ ﺭﻃﺒﺎ ﻣﻦ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭ ﺟﻞ
Artinya : "Dari Abdillah bin Bisri beliau berkata : bahwasanya seorang badui bertanya kepada Rasulullah saw : sesungguhnya syari'at Islam sudah banyak saya terima, maka terangkanlah kepada saya sesuatu yang mudah dikerjakan. Nabi menjawab : hendaklah lidahmu selalu basah dengan dzikir Allah"

C. Macam-macam Dzikir
Adapun macam-macam zikir, ulama membagi beberapa pembagian zikir sebagai berikut:
1. Dzikir dengan lidah (lisan)
Dzikir dengan lisan dilakukan dengan mengucapkan kalimat-kalimat dzikir dengan menggunakan lidah. Kalimat-kalimat dzikir yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. adalah merupakan kalimat thayyibah, yaitu:
a. Tasbih ( اللهُ سُبْحاَنَ )
b. Tahmid (الْحَمْدُ لِلَّهِ)
c. Tahlil ( إِلهَ إِلاَّ اللهُ لاَ)
d. Takbir ( اکبر الله)
e. Istighfar ( استغفر الله العظيم )
f. Hawqalah ( لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ )
g. Masyiah (مَا شَاءَ اللهُ )

Ada 2 cara dalam melakukan zikir dengan lisan yaitu dengan cara sir (sembunyi) danjahar (jelas). :
a. Zikir secara sir yaitu berzikir dengan suara perlahan sekiranya hanya terdengar oleh telinga orang yang berzikir itu sendiri. Zikir ini merupakan zikir yang paling afdhal sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam surat Al A’raf ayat 205 :

Artinya : “dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang lalai.”

b. Zikir secara jahar yaitu berzikir dengan bersuara keras sekiranya terdengar oleh dirinya sendiri dan orang yang berada di dekatnya.

2. Dzikir dengan fikiran
Dzikir dengan fikiran dilakukan dengan merenungkan ciptaan Allah SWT. dan merupakan dzikir yang sangat tinggi nilainya, di samping dapat memantapkan iman, juga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

3. Dzikir dengan perasaan
Dzikir dengan perasaan dilakukan dengan berhuznuzan kepada Allah SWT. dan merasakan indahnya rahmat yang telah diberikan-Nya kepada kita, sehingga dapat merubah perasaan negatif menjadi positif. Beberapa contoh dzikir dengan perasaan adalah dengan merasa dekat dengan Allah SWT, merasa dilindungi Allah SWT., merasa disayangi Allah SWT., merasa mendapat karunia dari Allah SWT. Dan merasakan bahwa Allah SWT-lah yang memberikan segala kebaikan, sedangkan yang buruk diakibatkan oleh kesalahan kita.

4. Dzikir dengan keyakinan
Dzikir dengan keyakinan adalah mantapnya aqidah tauhid dalam perjalanan hidupnya, bahwa segala sesuatu terjadi hanya menurut kehendak Allah SWT. yang disebut denganTauhid Rububiyah, dan adanya keyakinan yang utuh bahwa hanya Allah SWT. lah yang berhak disembah, yang kemudian dikenal dengan Tauhid Uluhiyah.

Orang yang selalu mengamalkan dzikir dengan keyakinan yang sampai ke lubuk hati terdalam tidak akan terkagum-kagum kepada apapun dan siapapun, kecuali hanya kepada Allah SWT. godaan terbesar dalam zikir ini adalah syirik.

5. Dzikir dengan perbuatan
Dzikir dengan perbuatan dilakukan dengan sikap taat dan patuh terhadap aturan Allah SWT., baik dalam hal aqidah, ibadah maupun mu’amalah. Sehingga segala gerak dan langkah serta tutur kata memancarkan akhlak yang diridhai Allah SWT dan jauh dari akhlak tercela ( madzmumah). [3]

D. Keadaan dan Larangan Dalam Berzikir
Salah satu ciri orang yang berakal yaitu apabila ia memperhatikan sesuatu, selalu memperoleh manfaat dan faedah. Ia selalu menggambarkan kebesaran Allah SWT, mengingat dan mengenang kebijaksanaan, keutamaan dan banyaknya ni’mat Allah kepadanya. Ia selalu mengingat Allah di setiap waktu dan keadaan, baik di waktu ia berdiri, duduk, atau berbaring. Tidak ada satu waktu pun yang dibiarkan berlalu begitu saja, kecuali hanya gunakan untuk memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi. Memikirkan keajaiban-keajaiban yang terdapat di dalamnya, yang menggambarkan kesempurnaan alam dan kekuasaan Allah SWT Sang Pencipta. Hal ini berdasarkan dengan firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 190-191 :

Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.”

Dalam ayat tersebut juga di jelaskan bahwa berzikir kepada Allah SWT tidak dibatasi dengan keadaan sesuatu apapun. Berzikir dianjurkan kepada kita dalam keadaan apapun baik ketika sedang berdiri, duduk, maupun tidur. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW pula :
وعن عائشة رَضِيَ اللهُ عنها، قالت: كَانَ رسُولُ الله صلى الله عليه وسلم يَذْكُرُ اللهَ عَلَى كُلِّ أَحْيَانِهِ. رواهُ مسلم
Dari Aisyah ra, katanya: "Sesungguhnya Rasulullah SAW. itu berzikir kepada Allah dalam segala keadaannya." (Riwayat Muslim)

Oleh karena itu mengingat kepada sang Khaliq tidak boleh dibatasi oleh apapun. Seseorang dibolehkan berzikir di manapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun, kecuali karena adanya hal-hal tertentu yang menyebabkan berzikir itu dilarang. Ada beberapa hal yang menyebabkan zikir itu dilarang di antaranya sebagai berikut :
1. Berzikir pada tempat yang bernajis seperti WC ataupun kamar mandi
2. Apabila dalam keadaan berjunub, dilarang membaca sesuatu yang diambil dari Al Quran, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Waqiah ayat 79 :

Artinya : “ Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”

3. Sedang melakukan maksiat kepada Allah, seperti sedang berjudi, berzina atau meminum khamr dan lain sebagainya dengan maksud mengejek Allah. [4]

E. Fungsi Zikir
Tidak diragukan lagi setiap orang kenal dengan kata-kata dzikir dan tidak asing lagi di telinga kita , dzikir merupakan alat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Firman Allah dalam Surat Al Ahzab Ayat 41 :

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.”

Berdzikir adalah mengingat Allah SWT dengan cara menyebut nama-nama dan sifat-sifat Allah yang mulia, dan mengikuti contoh tuntunan Rasulullah SAW dalam berdzikir kepada Allah SWT. Seseorang yang tidak pernah melakukan dzikir kepada Allah SWT maka dia akan merugi di hari kiamat:
عن عائشة قالت قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ما من ساعة تمر بابن آدم لايذكر الله تعالى فيها إلا تحسر عليها يوم القيامة
“Dari Aisyah dia berkata , berkata Rasullah Saw : Tidaklah ada suatu waktu yang akan melewati anak adam dan dia tidak berdzikir kepada Allah SWT maka dia akan merugi dihari kiamat .”

Banyak sekali hadits –hadits Rasulloh Saw yang menerangkan tentang dzikir ini akan tetapi disana ada manfaat sekaligus fungsi penting dari dzikir itu sendiri yang saya akan ringkaskan dari kitab Al Adiyyah Wal Adzkar sebagai berikut ini :
1. Dzikir itu akan mendatangkan kebahagian dan kelapangan hati bagi diri kita , ketentraman , kenyamanan dan kepausan hati yang luar biasa jauh dari pada kepenatan dunia yang mebosankan ini .
2. Dzikir akan menghapuskan dosa-dosa dan akan menyelamatkan dia dari adzab dan sengatan api neraka.
3. Dzikir akan menghasilkan ganjaran dan pahala dari Allah SWT yang tidak ada pada jenis amalan lain.
4. Dzikir adalah adalah tanaman kita disorga kelak , sorga itu memilik tanah yang subur, dan dzikir adalah tanamannya yang akan berkembang terus.
5. Dzikir akan menjadi cahaya bagi diri dia di dunia ini , akan menjadi cahaya di kuburannya kelak, akan menjadi cahaya ketika kita melewati sirat mustakim.
6. Dzikir akan menjadikan pelakunya mendapatkan sholawat dari Allah SWT dan para malaikat Nya.
7. Dzikir merupakan sebab pemantapan keimanan seseorang kepada Allah SWT.
8. Dzikir merupakan obat penyembuh dari penyakit hati. Dzikir akan mendekatkan sesorang kepada Allah dan kebersamaan Allah selalu ada bersama dirinya. [5]

F. Faedah Berzikir
1. Membuat hati menjadi tenang, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ar Ra’d ayat 28 :

Artinya : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

2. Mendapatkan pengampunan dan pahala yang besar, sebagaimana dalam surat Al Ahzab ayat 35

Artinya : “....... laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.”

3. Dengan mengingat Allah, maka Allah akan ingat kepada kita. Sebagaimana dalam surat Al Baqarah 152

Artinya : “karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

4. Banyak menyebut nama Allah akan mendatangkan keberuntungan, sebagaimana dalam surat al Anfal ayat 45

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”

5. Dzikir kepada Allah merupakan Pembeda antara orang mu’min dan orang munafik, sebagaimana dalam surat An Nisa ayat 42

Artinya : “di hari itu orang-orang kafir dan orang-orang yang mendurhakai rasul, ingin supaya mereka disamaratakan dengan tanah dan mereka tidak dapat Menyembunyikan (dari Allah) sesuatu kejadianpun.”

6. Dzikir merupakan ibadah yang paling mudah untuk dilakukan. Banyak amal ibadah yang yang mudah kita lakukan yang di dalamnya termasuk dalam zikir seperti ;
a. Membaca basmallah ketika hendak makan dan minum
b. Membaca doa ketika masuk dan keluar kamar mandi
c. Membaca doa masuk dan keluar rumah
d. Membaca doa memakai dan melepaskan pakaian
e. Membaca doa ketika turun hujan
f. Wirid sesaat setelah shalat
g. Membaca hamdalah ketika bersin
h. Membaca doa sebelum dan ketika bangun tidur
i. Dan lain sebagainya yang di dalamnya terdapat lafadz-lafadz yang bermaksud memohon kepada Allah. [6]


PENUTUP


A. Kesimpulan
Berdzikir merupakan tindakan yang terpuji di mana kita mengingat Allah memalui pujian-pujian kepada Allah SWT. Berdzikir kepada Allah Swt sangat dianjurkan karena selain mengingat Allah dan mendapat pahala keutamaannya sangat banyak bagi orang yang selalu berdzikir kepada Allah SWT. Dengan berdzikir kita tetap tersambung dengan sang pencipta dimana kita tidak selalu memikirkan kehidupan dunia. Berdzikir dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja kecuali tempat-tempat yang dilarang menyebut nama Allah dan hukumnya sunnah, lebih-lebih setelah shalat 5 waktu kita sangat dianjurkan untuk melanjutkan dengan berdzikir untuk kesempurnaan shalat kita.

G. Saran
Hendaklah kita selalu berdzikir kapada Allah SWT sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah yang telah memberi nikmat dan kehidupan yang nyaman dunia, karena Allah akan mengganjar pahala yang berlipat kepada hambanya yang selalu ingat kepada Allah SWT. Dalam penulisan makalah ini tentulah terdapat berbagai kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran pembaca demi kesempurnaan makalah ini.




[1] In’ammuzahiddin Masyhudi, Nurul Wahyu A , Berdzikir dan Sehat ala Ustad Haryono, (Semarang: Syifa Press, 2006), hal. 7
[2] Ibid., hal. 8
[3] Syeikh Muhammad Hisyam Kabbani, Energi Zikir dan Shalawat, diterjemahkan oleh Zaimul Am, (Jakarta : Serambi Ilmu Semesta, 2007) hal, 24-25
[4] Syeikh Irfan bin Sulaim Al Asya, Basahi Lidah Dengan Dzikir, terjemahan Thohirin, (Jakarta Timur : MIRQAT Publishing, 2006) hal. 36
[5] Luqman Junaidi, The Power of Wirid, (Jakarta : PT. Mizan Publika, 2007) hal 100-101
[6] Khalid Al Husainan, Lebih Dari 1000 Amalan Sunnah Dalam Sehari Semalam, (Bogor : Pustaka Imam Syafi’i, 2004 ) hal. 158-160

No comments